Peningkatan mutu
pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam
upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Oleh karenanya, hal yang
sangat penting untuk diperhatikan adalah bagaimana untuk dapat mencapai
prestasi belajar yang memuaskan.Banyak faktor yang menyebabkan prestasi
belajar mengalami kegagalan dalam bidang akademik baik faktor-faktor
yang berada dalam internal maupun eksternal seperti tingkat intelegensi
yang rendah, kurangnya motivasi belajar, cara belajar yang kurang
efektif, minimnya frekuensi dan jumlah waktu belajar, tingkat disiplin
diri yang rendah, media belajar atau bahan ajar yang masih kurang
disediakan pihak sekolah dan lain sebagainya. Teknologi multimedia telah
menjanjikan potensi besar demi mencapai prestasi belajar yang memuaskan
dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi,
menyesuaikan informasi dan sebagainya.
Pembelajaran berbasis
multimedia menjadi semakin umum dan marak digunakan, mengikuti pada
perkembangan zaman dan teknologi yang pesat saat ini. Meskipun memiliki
keterbatasan,dan tentu tidak harus dilihat sebagai pengganti untuk
wajah-to-face interaksi, pembelajaran berbasis multimedia memang
memiliki banyak keuntungan untuk pengembangan pengajar profesional.
Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik dalam melakukan
pengembangan pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang optimal. Dan
bagi peserta didik, diharapkan dengan pengunaan multimedia dapat
menjadikan penyerapan informasi menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.
Sumber informasi yang didapatkan juga tidak lagi terfokus pada teks dari
buku semata-mata tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi
multimedia yang semakin baik dan berkembang diharapkan dapat
meningkatkan kemudahan dalam mendapatkan pengetahuan para pelajar.
Tujuan Pelatihan
Setelah
mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu untuk mengetahui dan
memahami praktek pembelajaran berbasis multimedia, tahapan serta teknik
develop konten multimedia dalam proses pembelajaran, guna mendapatkan
hasil yang optimal dan mudah untuk diserap serta menarik.